TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    CahKlinterBeriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru. Anda mempunyai produk namun bingung pemasarannya?? TIKTOK ADS solusinya. Dengan menggunakan jasa dari Tiktok For Business Anda bisa memasarkan produk langsung menuju target produk Anda.

    Sistem dari Tiktok For Business adalah dengan memanfaatkan pengguna dari aplikasi TIKTOK ini. Dan seperti yang diketahui, aplikasi TIKTOK menempati urutan pertama dalam jumlah download menurut Sensor Tower per 4 mei kemaren.

    Yang pasti bisa menjangkau customer secara meluas dan tertarget melalui iklan video berkualitas tinggi. Sehingga bisa meningkatkan dari jumlah penjualan produk Anda.

    Dan malahan akhir-akhir ini TIKTOK juga meluncurkan program Saptu Belanja Lokal guna membantu UMKM lokal. Pastinya app ini akan sangat cocok untuk Anda yang ingin mempromosikan produk Anda.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Ada beberapa hal yang perlu ketahui seputar TIKTOK ADS atau Tiktok For Business ini.

    Yang pertama adalah jenis-jenis iklan yang disediakan oleh Tiktok For Business.

    Jenis-jenis iklan TIKTOK ADS

    Sebelum memulai campaign Anda, yang harus Anda ketahui adalah macam-macam jenis iklan yang bisa Anda pilih dalam mempromosikan produk Anda. Ada beberapa macam jenis iklan yang disediakan, antara lain :

    • Iklan In Feed video
    • Iklan Brand Takeover
    • Iklan Hastag Challenge
    • Iklan AR atau Branded Augmented Reality
    • Iklan Top View Ads

    Iklan In Feed Video

    Iklan ini biasanya di munculkan dihalaman utama FYP atau For You Page. Pada halaman utama biasanya disematkan suatu produk dan itulah yang dinamakan Iklan In Feed Video.

    Iklan Brand Takeover

    Iklan ini biasanya muncul saat Anda melihat video. Iklan ini muncul diatas deskripsi video.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Iklan Hastag Challenge

    Iklan ini bisa dijumpai di bagian Discovery. Hastag Challenge seperti namanya dengan memanfaatkan Hastag dalam pembuatan iklannya. Jadi disini para pembuat konten akan ditantang membuat video dengan salah satu produk Anda dan disertai dengan hastag di konten mereka.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Iklan AR

    Iklan AR atau biasa disebut dengan Branded Augmented Reality merupakan iklan yang dimunculkan dalam bentuk Stiker atau Filter.

    Iklan Top View

    Jenis iklan terakhir yang ada di TIKTOK ADS adalah iklan Top View. Iklan ini berupa iklan feed berdurasi max 60 detik. Dan iklan ini juga disertai link yang akan mengarah langsung ke produk Anda.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Nah itulah tadi adalah Jenis-jenis TIKTOK ADS yang bisa Anda pilih untuk mempromosikan produk Anda. Namun bagaimana untuk memulainya?

    Baca juga info seputar app TIKTOK lainnya

    Selanjutnya adalah langkah-langkah dalam menggunakan TIKTOK ADS

    Cara Beriklan Di TIKTOK For Business

    Pertama-tama silahkan masuk ke Tiktok For Business.

    Kemudian klik Memulai

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Selanjutnya Anda di wajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Isi semua data dengan benar beserta alamat email. Jika sudah klik pada bagian Send Code untuk mendapatkan kode registrasi.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Selanjutnya cek email Anda untuk mendaftar tadi dan cari kode yang dikirimkan oleh Tiktok For Business. Masukkan kode tersebut dan kemudian klik Sign Up.

    Pada halaman selanjutnya, isikan detail negara, nama bisnis dan nomor telepon. Pilih juga nominal currency atau mata uang yang ingin Anda gunakan. Kemudian cek kolom dan klik Register untuk melanjutkan.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Selanjutnya akan ada kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor hp Anda, masukkan dan klik verify untuk melanjutkan.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Tahap selanjutnya adalah memasukkan detail perusahaan. Isikan alamat website, Alamat penagihan, lalu detail pajak jika ada.

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Langkah selanjutnya adalah mengisi saldo untuk menjalankan iklan. Pengisian minimal saldo bisa di isi sebesar Rp 100.000

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Tahapan daftar Tiktok ADS sudah selesai, selanjutnya adalah membuat campaign dan menjalankan iklan Anda.

    Cara Membuat Iklan di TIKTOK For Business

    Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda ingin menjalankan iklan di TikTok adalah membuat kampanye dan tujuan kampanye Anda. Anda dapat memilih dari berbagai tujuan seperti pemasangan aplikasi dan lalu lintas. Untuk membuat kampanye iklan TikTok:

    • Pilih tujuan kampanye Anda
    • Tetapkan anggaran kampanye Anda

    Siapkan Kampanye

    Mendaftar untuk akun Iklan TikTok dan masuk ke Manajer Iklan TikTok. Untuk membuat iklan, klik Kampanye > Buat:

    Pilih Tujuan yang Tepat

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru


    Apa tujuan bisnis Anda? Apakah Anda ingin meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda? Mendorong konversi? Dapatkan lebih banyak orang untuk melihat konten video Anda? Tujuan Anda adalah apa yang akan penonton tiktok lakukan saat mereka melihat iklan Anda. Untuk iklan TikTok, tujuan tersebut dapat berupa salah satu dari tiga kategori: kesadaran, pertimbangan, atau konversi.

    Siapkan Nama & Anggaran Kampanye

    Anggaran kampanye Anda adalah jumlah yang bersedia Anda belanjakan untuk menjalankan iklan Anda. Setelah Anda mencapai jumlah yang dianggarkan, iklan Anda akan berhenti ditayangkan. Menetapkan anggaran membantu Anda mengawasi anggaran pemasaran, mengontrol penayangan iklan, dan mengukur kinerja iklan. Ada 3 pilihan anggaran:

    • Tanpa Batas: Dengan anggaran tidak terbatas, tidak akan ada batasan pada penayangan iklan Anda di tingkat kampanye.
    • Anggaran Harian/Anggaran Seumur Hidup: Penayangan iklan dibatasi oleh anggaran harian atau total di tingkat kampanye. Ini membatasi pembelanjaan harian atau pembelanjaan total semua iklan dalam kampanye Anda.

    Setiap kampanye TikTok yang Anda buat dapat memiliki beberapa grup iklan, sehingga memudahkan untuk mengoptimalkan iklan dan mengukur kinerja. Mari kita lihat cara membuat grup iklan di Pengelola Iklan TikTok.

    Buat Grup Iklan Tiktok

    Dengan iklan TikTok, Anda dapat mengatur penempatan iklan, audiens target, anggaran, jadwal, sasaran, dan tawaran untuk setiap grup iklan. Berikut cara menyiapkan grup iklan di Pengelola Iklan TikTok:

    • Pilih penempatan iklan Anda
    • Isi detail iklan Anda
    • Tetapkan target audiens
    • Siapkan anggaran dan jadwal
    • Pilih sasaran pengoptimalan dan metode penawaran Anda

    Siapkan Grup Iklan

    Setelah membuat kampanye, langkah Anda selanjutnya adalah menyiapkan grup iklan Anda. Seperti yang kami sebutkan, Anda dapat memilih penempatan iklan, mengisi detail iklan, dan menetapkan pemirsa, anggaran, jadwal, metode penawaran, dan jenis penayangan.

    Langkah 1: Penempatan

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Anda dapat memilih penempatan iklan Anda sendiri atau memilih Penempatan Otomatis agar TikTok mengoptimalkan penayangan iklan Anda di semua penempatan. Tidak semua penempatan tersedia di mana-mana. Berikut daftar penempatan dan lokasi yang tersedia.

    Langkah 2: Detail Iklan

    Bagian Detail Iklan adalah tempat Anda akan mengisi semua detail yang terkait dengan halaman arahan atau aplikasi yang Anda promosikan.

    • Jenis Promosi: Bergantung pada tujuan kampanye, Anda dapat memilih pemasangan aplikasi atau situs web.
    • Nama Tampilan: Di sinilah nama merek atau nama aplikasi Anda.
    • Gambar Profil: Gambar profil ditampilkan kepada audiens Anda dengan iklan Anda.
    • Kategori: Pilih kategori iklan yang menjelaskan promosi Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari model pengoptimalan iklan.
    • Tag Iklan: Tambahkan hingga 20 tag untuk mendeskripsikan situs web atau aplikasi Anda. Algoritme TikTok akan menggunakan tag sebagai kata kunci untuk mencocokkan iklan Anda dengan audiens yang sesuai.
    • Komentar Pengguna: Jika Anda tidak ingin pengguna dapat mengomentari iklan Anda, nonaktifkan ini.
    • Unduhan Video: Jika ini dinonaktifkan, pemirsa tidak akan dapat mengunduh iklan video Anda.

    Langkah 3: Jenis Kreatif

    TikTok menawarkan pengoptimalan materi iklan otomatis. Saat opsi ini diaktifkan, TikTok akan secara otomatis menghasilkan kombinasi aset materi iklan Anda (gambar, video, teks iklan) dan memberikan kombinasi berkinerja tertinggi.

    Langkah 4: Penargetan

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru


    TikTok menawarkan beberapa opsi untuk membuat atau mengecualikan pemirsa khusus dan serupa. Selain itu, Anda dapat mempersempit audiens berdasarkan demografi dan opsi perangkat seperti usia, sistem operasi, jenis kelamin, device, minat, dan lainnya.

    Langkah 5: Anggaran & Jadwal

    Setelah Anda menetapkan penargetan untuk iklan Anda, saatnya untuk menetapkan anggaran dan jadwal Anda.

    • Anggaran: Anda harus menetapkan anggaran harian.
    • Jadwal: TikTok memungkinkan Anda mengatur waktu mulai dan berakhir untuk iklan Anda, menetapkan rentang tanggal, atau terus menjalankan iklan Anda setelah Anda mengaturnya untuk berjalan.
    • Pembagian hari: Dengan opsi ini, Anda dapat memilih periode waktu tertentu sepanjang hari untuk menampilkan iklan Anda. Anda bisa menjadi sangat sempit hanya dengan setengah jam hingga 24 jam. Jika Anda memilih Sepanjang Hari, iklan Anda akan berjalan sepanjang hari, tetapi memilih Pilih Waktu Tertentu membatasi iklan Anda pada waktu tersebut selama kampanye terjadwal Anda.
      TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Langkah 6: Penawaran & Pengoptimalan

    Dengan iklan TikTok, Anda dapat memilih opsi penawaran dan pengoptimalan, menggunakan pelacakan pihak ketiga untuk memantau kinerja iklan, jika Anda mau.

    • Sasaran Pengoptimalan: Dengan tujuan kampanye tertentu, sasaran pengoptimalan Anda akan ditetapkan secara default. Jika tidak, Anda akan memiliki opsi untuk mengoptimalkan konversi, klik, atau jangkauan.
    • Peristiwa Penagihan: TikTok secara otomatis menetapkan peristiwa penagihan berdasarkan sasaran pengoptimalan yang Anda pilih. Untuk jangkauan, iklan Anda akan ditagih sebagai CPM (Cost Per Mille). Untuk klik, Anda akan ditagih berdasarkan CPC (Cost Per Click). Dan, untuk konversi, Anda akan memiliki metode penawaran oCPC (pengoptimalan Biaya Per Klik) dan membayar melalui BPK.
    • Pengoptimalan Cerdas: Mengaktifkan Pengoptimalan Cerdas memungkinkan TikTok untuk mengoptimalkan peristiwa konversi dan menggunakan penayangan iklan Anda secara cerdas.
    • Strategi Penawaran: Mode Penawaran Standar menawarkan kontrol yang lebih ketat terhadap biaya per hasil sehingga biaya rata-rata per hasil tetap dalam tawaran Anda.
    • Penawaran: Tetapkan berapa banyak Anda bersedia membayar per klik, konversi, atau per seribu tayangan dan algoritme TikTok akan menayangkan iklan Anda sesuai dengan itu.
    • Jenis Penayangan: Dengan Penayangan standar, anggaran iklan Anda akan dibelanjakan secara merata selama waktu kampanye yang dijadwalkan, tetapi dengan Percepatan, anggaran iklan Anda akan dihabiskan secepat mungkin.

    Anda dapat memiliki satu iklan atau beberapa iklan dalam setiap grup iklan. Ini memungkinkan Anda membandingkan penayangan berbagai iklan dan mengoptimalkan berdasarkan kinerjanya. Jika Anda bertanya-tanya berapa banyak iklan di platform yang akan membuat Anda mundur, lihat artikel kami tentang biaya iklan TikTok.

    Cara Buat Unit Iklan TIKTOK ADS

    Sekarang setelah Anda menyiapkan kampanye dan grup iklan, saatnya membuat iklan TikTok Anda. Ini adalah apa yang akan Anda tunjukkan kepada audiens target Anda dan bisa dalam bentuk gambar atau video. Anda juga harus menyertakan salinan dan ajakan bertindak yang kuat. Berikut cara membuat iklan TikTok:

    • Unggah gambar atau video
    • Tambahkan salinan iklan dan tombol ajakan bertindak

    Pengelola Iklan TikTok menyertakan alat pembuatan dan pengeditan video yang membuatnya sangat mudah untuk membuat iklan yang menarik dan berkualitas tinggi meskipun Anda tidak memiliki pengalaman mengedit video. Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih tinggi, lihat aplikasi pengeditan video TikTok ini.

    Mari kita telusuri proses pembuatan iklan di TikTok.

    Siapkan Iklan

    TikTok membuatnya sangat mudah untuk membuat iklan dengan mengunggah video atau gambar yang Anda edit sendiri, atau dengan mendesain iklan di dalam Pengelola Iklan TikTok menggunakan alat pembuatan video yang disertakan. Format dan spesifikasi iklan yang tersedia akan bervariasi tergantung pada penempatan yang Anda pilih.

    Langkah 1: Pilih Format Iklan

    Mulailah dengan memilih format iklan Anda (Gambar atau Video). Penempatan iklan TikTok hanya mendukung iklan video. Gambar tersedia untuk dipilih karena dapat digunakan di aplikasi Umpan Berita TikTok. Anda dapat mengunggah media ke iklan dengan menambahkannya dari komputer, memilihnya dari pustaka TikTok yang ada, membuat video baru, menggunakan kerangka video, atau menggunakan Smart Video. Dengan Smart Video, TikTok menganalisis media Anda untuk membuat video yang diedit.
    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru

    Langkah 2: Pilih Sampul Iklan

    Setelah mengunggah video, Anda dapat memilih foto sampul dengan mengeklik Sesuaikan Gambar Mini Video. Berdasarkan durasi video Anda, TikTok akan menampilkan hingga 8 frame untuk Anda pilih. Anda juga memiliki opsi untuk mengunggah foto sampul khusus Anda sendiri.

    Langkah 3: Pratinjau Materi Iklan Anda

    Sekarang setelah Anda memiliki kumpulan materi iklan, saatnya untuk melihat pratinjaunya. Pratinjau iklan tidak khusus untuk perangkat; iklan yang sebenarnya akan disesuaikan tergantung pada kondisi perangkat dan jaringan. TikTok merekomendasikan untuk melihat pratinjau iklan di perangkat Anda yang sebenarnya untuk mendapatkan gambaran terbaik tentang tampilannya.

    Langkah 4: Masukkan Nama Iklan

    Beri nama iklan Anda sesuatu yang membuatnya mudah dikenali oleh Anda. Nama ini untuk referensi internal, sehingga tidak akan terlihat oleh pemirsa.

    Langkah 5: Masukkan Teks Iklan

    TIKTOK ADS : Beriklan di Tiktok Ads - Cara Lengkap Terbaru


    Masukkan teks yang akan muncul di atas iklan Anda. TikTok mendukung 12–100 karakter bahasa Inggris dan 6–50 karakter Cina atau Jepang (termasuk tanda baca dan spasi). Anda tidak dapat menggunakan emoji, kawat gigi Prancis, atau tagar. Jika teks Anda terlalu panjang mungkin tidak ditampilkan dengan benar pada layar tertentu, jadi pastikan untuk melihat pratinjaunya!

    Langkah 6: Tambahkan Ajakan Bertindak

    Langkah terakhir untuk membuat iklan TikTok Anda adalah menambahkan ajakan bertindak untuk iklan Anda. TikTok memiliki beberapa opsi untuk dipilih:

    • Unduh sekarang
    • Learn more
    • Berbelanja sekarang
    • Daftar
    • Hubungi kami
    • Ajukan Sekarang
    • Pesan sekarang

    Setelah Anda memilih ajakan bertindak, klik tombol Kirim untuk membuat iklan Anda. Anda dapat langsung membuat iklan lain dengan mengklik tombol Tambah. Anda juga memiliki opsi untuk Menyalin dan iklan yang ada atau Menghapus iklan yang baru saja Anda edit.

    Lacak Kinerja Iklan

    Selamat! Anda telah membuat iklan TikTok. Sekarang saatnya untuk melacak kinerjanya. Untungnya, TikTok memiliki alat yang Anda butuhkan langsung di Pengelola Iklan. Anda akan mendapatkan tampilan keseluruhan data di seluruh kampanye iklan Anda dari halaman Dasbor. Untuk detailnya, Anda pasti ingin menggali data yang disediakan di halaman Kampanye.

    Dasbor

    Dasbor adalah tempat Anda bisa mendapatkan informasi terkini tentang kinerja iklan secara keseluruhan, pengeluaran iklan, dan status semua kampanye iklan TikTok Anda. Di sini Anda dapat:

    • Pantau log operasi dari area Pengeluaran Hari Ini
    • Periksa status semua kampanye, grup iklan, dan iklan
    • Lihat metrik kinerja menurut dimensi yang berbeda (termasuk jenis kelamin, sistem operasi, pembagian hari, dll.)
    • Unduh dan ekspor data

    Campaign

    Di halaman Campaign, Anda dapat melihat detail kampanye, grup iklan, dan iklan Anda, seperti yang kami sebutkan.

    TikTok juga memberi Anda berbagai cara untuk memfilter, menyesuaikan, dan melihat data Anda.

    Filter

    Filter menurut kriteria yang berbeda sehingga Anda dapat melihat data hanya untuk kampanye yang ingin Anda lihat. Anda dapat mengubah kriteria dengan mudah atau menggabungkan kriteria untuk pelaporan yang sangat disesuaikan. Dan, Anda dapat menyimpan filter khusus untuk akses yang lebih mudah.

    Penyesuaian

    TikTok memungkinkan Anda mengatur Kolom Kustom sehingga Anda hanya melihat data yang ingin Anda lihat. Anda juga dapat menarik dan melepas kolom untuk mengubah tampilannya dan menyimpan tampilan kolom khusus untuk akses mudah.

    Melihat Data

    Dengan mengeklik Lihat Data di bawah setiap kampanye, grup iklan, atau iklan, Anda dapat memeriksa data kinerja dan analisis pemirsa untuk jangka waktu khusus dan memilih data harian atau per jam. Beberapa dimensi data yang dapat Anda laporkan mencakup biaya, tayangan, klik, konversi, RKT, rasio konversi, BPK, BPS, dan biaya konversi. Dari tab Perincian, Anda dapat melihat performa berdasarkan segmen audiens.

    LihatTutupKomentar

    CAHKLINTER BLOG

    Blog e Arek Klinterejo. Temukan cara dapet duit online, Tips Game Dan Juga Info Terbaru Di dunia Internet Di Blog CahKlinter.